Mobil Proton (Mobil Buatan Malaysia)

Mobil Proton (Mobil Buatan Malaysia)

Proton Ramadlan :: Mobil Proton (Mobil Buatan Malaysia)
Saya tadi mencoba mencari tahu mengenai Mobil Proton, dan setelah saya cari cari, ternyata masih belum begitu banyak situs yang menjelaskan Mobil Proton ini. saya juga sempat melihat di wikipedia, dan saya sedikit mendapatkan penjelasan, dan akan saya share disini.
Mobil Proton (Mobil Buatan Malaysia)

Mobil Proton By Proton Ramadlan

PROTON (singkatan dari Perusahaan Otomobil Nasional) adalah produsen mobil dari Malaysia yang didirikan pada tahun 1983 atas inisiatif dari Perdana Menteri Malaysia saat itu, Mahathir Mohammad.
Awalnya menggunakan teknologi dari perusahaan Jepang, Mitsubishi, Proton kini juga telah mengembangkan teknologi dalam negeri. Pabrik utamanya terletak di Shah Alam.
Modelnya yang paling populer adalah Proton Wira serta Proton Exora.

Tambahan Penjelasan Mengenai Mobil Proton:

Produksi Proton
Proton banyak memproduksi mobil sedan yang secara visual mempunyai kesan mewah, misalnya Proton Exora yang bertype MPV, seperti KIA Carnival.  Ada beberapa seri Proton yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Proton Savvy, Proton Gen-2, Proton Persona Elegance, dan Proton Exora. Akhir 2010, Proton melakukan gebrakan dengan memberikan harga khusus bagi konsumen mobil proton baru. Akan tetapi, pasar Indonesia tampaknya kurang antusias dengan mobil buatan negara tetangga ini.
Harga Proton
Proton terbilang berani dalam mematok harga jualnya. Harga yang dipasang mirip-mirip mobil buatan Jepang yang sudah mendarah daging di benak konsumen Indonesia. Kelemahannya adalah agen Proton tidak banyak di Indonesia. Dari sini, konsumen sudah mulai enggan karena dapat diasumsikan bahwa jika agennya sedikit, pasti pusat servisnya juga sulit. Di samping itu, harga proton jual juga sangat melorot. Konon, harga jual proton bekas sampai turun 40 persen.
Seri Proton yang ada, salah satunya adalah Proton Savvy. Mobil jenis sedan mini atau mini car ini dipatok Rp114.000.000,00 untuk tipe transmisi manual dan Rp124.000.000,00 untuk tipe transmisi automatik. Sementara itu, harga jual bekasnya hanya sekitar Rp80.000.000,00. Proton Savvy mengusung engine dengan kapasitas 1200 cc, D4F silinder dengan 16 valve. Engine-nya mempunyai tenaga sebesar 74 tenaga kuda (hp).
More About Savvy
Savvy mempunyai 2 pilihan transmisi, yaitu manual atau matik dengan 5 speed. Untuk menambah kenyamanan dalam mengendari Savvy, dipasang Clarion single disk dengan 4 speaker system. Untuk memantau kemacetan jalan pun, telah disediakan radio. Body Savvy terbuat dari plat Galvanize steel type L3 setebal 0.9 mm.
Jangan takut dompet cepat menipis karena konsumsi bensin Savvy hanya 1 liter untuk 16km di dalam kota. Jika kita pakai ke luar kota, konsumsi bensin bisa sampai 20km setiap liternya. Desain Savvy merupakan hasil kolaborasi dengan Lotus sport car Inggris.
Proton Savvy, walaupun mini car dan sangat irit bensin, diciptakan dengan penuh kekuatan. Ketika digeber full speed, Savvy mampu mencapai top speed 170km/jam. Hebatnya lagi, Savvy mampu memindahkan mode transmisi dari manual ke automatis dan atau sebaliknya. Teknologi itu dinamai AMT.
Proton Savvy yang dibalut oleh body Galvanize steel type L3 setebal 0.9 mm ini mampu memproteksi pengendaranya dari bahaya benturan. Uji kekuatan bodinya mencapai 17.000n/mm. Savvy mempunyai julukan si mini car setangguh banteng. Karena kekuatan bodi dari bahaya benturan inilah, Proton Savvy mendapat pengakuan Internasional Crash Safety Rule and Regulation bahwa Proton Savvy merupakan kendaraan yang amat aman bagi pengendaranya.

Dan jika anda membutuhkan informasi lainnya mengenai Mobil Proton, silahkan tunggu saja postingan selanjutnya. dan semoga tulisan Mobil Proton ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Posted by Proton Ramadlan, Published at 12.13 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar